Sabtu, 18 Februari 2017

H - 98 Menuju Bulan Ramadhan

H - 98 Menuju Bulan Ramadhan 


As Rasyid. Alloh Maha Pandai

98
Ar Rasyiid
Allah Yang Maha Pandai
الرشيد

Kadang kita merasa sombong dengan kepandaian kita. Padahal kepandaian tersebut datangnya dari Alloh SWT. Kalau kita merasa diri paling pandai itu sombong namanya. dan itu sangat di larang oleh agama Islam. Ibaratnya diatas langit masih ada langit begitu pula kalau kita merasa pandai pasti akan ada yang lebih pandai dari kita.

Hanya sebagian kecil ilmu Alloh yang di berikan kepada kita. Jadi tak sepantasnya manusia meyombongkan ilmu yang dimilikinya. Sepandai apapun manusia pasti ada hal-hal yang tidak diketahuinya. Karena hakikat kepandaian yang sesungguhnya adalah milik Alloh SWT. Manusia dapat pandai karena hasil belajar mereka, namun tak sedikit pula yang terus belajar tetapi tak kunjung pandai juga. Itu artinya kepandaian hanyalah milik Alloh manusia hanya diberi kemampuan untuk berusaha.

Jika kita di beri karunia kepandaian oleh Alloh SWT maka kita harus dapat memanfaatkan kepandaian kita di jalan Alloh. Jaangan sampai kita pergunakan kepandaian kita untuk membohongi orang lain, atau di pergunakan untuk tindak kejahatan. Jika kita memanfaatkan kepandaian kita di jalan yang benar maka kita akan termasuk kedalam golongan orang yang mensyukuri karunia Alloh. Sebaliknya jika kita menggunakan kepandaian kita untuk menipu orang lain maka kita termasuk orang yang kufur atas nikmat Alloh SWT.

Alloh memiliki sifat Ar Rasyidu ( الرشيد )  artinya Alloh Yang Maha Pandai. Kepandaian Alloh tidak akan ada yang dapat menandingi. Seorang ilmuwan sekalipun kepandaiannya pasti tidak akan dapat menandingi kepandaian Alloh SWT. 
Nama Allah, Ar Rasyidu ( الرشيد ) dibaca Ar Rosyid termasuk Al-Asma`ul Husna,



Sumber Gambar www.google.com
firman Allah di dalam Al-qur’an :


  وَتَرَى الشَّمْسَ إِذَا طَلَعَت تَّزَاوَرُ عَن كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَإِذَا غَرَبَت تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِي فَجْوَةٍ مِّنْهُ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّـهِ ۗ مَن يَهْدِ اللَّـهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ ۖ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا

Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. 

Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. (AlKahfi [18]: 17)

Nama Allah, Ar Rasyiidu bermakna Benar segala susunan dan aturan-aturan yang ditetapkan-Nya.

Demikian pengertian yang terkandung di dalam tiap-tiap nama dari Asmaul-Husna yang amat masyhur itu. Pengertian yang kita terangkan secara ringkas seringkas-ringkasnya. Bila dibentangkan atau diuraikan dengan panjang, maka  nama Allah, Ar Rasyiidu tidak cukup dengan sebuah buku tebal seribu halaman, Allah tidak terbatas keagungan, ketinggian, kemuliaan dan kesempurnaa-Nya.

Semoga Bermanfaat, Semoga kita semua diberikan kesempatan menyambut datangnya bulan Ramadhan.

0 komentar / kritik:

Posting Komentar